Sunday, 2 February 2014

Jalan menuju B29

pada awal saya promosikan tentang B29 saya cuma memberikan beberapa foto keindahan saja tetapi kurang lengkap kalau saya tidak memberikan peta atau petujuk jalan dari lumajang ke sana
oke berawal dari selamat datang di lumajang yang ada di wonorejo
patung selamat datang lumajang
dan perjalanan di mulai
perjalanan saat perjalanan di mulai masuk di daerah sukodono ada SPBU kalau mau isi bahan bakar bensin terlebih dahulu atau lanjutkan perjalanan tak jauh dari pom bensin sukodono ada lampu merah
dan adipura
lampu merah pertigaan sukodono
Adipura sukodono 

dari arah adipura  sukodono kita ambil jalan belok kanan dari sini ikutin jalan dan nanti ketemu dengan beringin atau pertigaan lagi anda belok kalau lurus arah ke gucialit atau kebum teh , ikutin jalur belok kiri  terus lurus dan lanjutkan nanti ada spbu pelita silakan kalau mau ngisi bensi dulu nanti juga ada lagi spbu juga dan spbu terakhir
lanjut
perempatan klojen
dari perempatan klojen anda bisa ambil belok ke kanan arah senduro dan ikuti jalur nanti sampai ketemu dengan pom bensin serebet karena ini pom bensin paling terahir dan tidak ada lagi di atas tetapi masih banyak kok pedagang bensin enceran nanti di atas di sepanjang jalan menuju senduro

pom bensin serebet

dan perjalanan dari pom serebet menuju senduro lurus saja ikuti jalur masuk di daerah karanganom ada swalayan indomaret mana tahu kalau mau belanja beli minuman tetapi di senduro jugaada swalayan , dan lajutkan perjalanan dan sampai senduro akan ada tulisan seperti ini atau gapura
gapura selamat datang di senduro
jika di senduro nanti anda akan melewati pasar agro dimana banyak penjual pisang mentah yang belum di oleh mungkin bisa buat oleh oleh entar kalau sudah balik dari B29 dan ada pasar juga di senduro dan ada indomaret terahir di sini , silakan kalau mau beli makanan snack untuk di atas B29 tapi sampah di bawah pulang ya , dari indomaret kita lajutkan perjalanan bagi yang mau sholat dulu bisa mampir di
masjid senduro bagi yang mau sholat silakan
 dan lanjutkannperjalanan nanti anda akan bertemu dengan pure mandaragiri semeru agung kalau mau mapir silakan mampir kalau penasaran

pura mandara giri semeru agung

atau bisa lajutkan perjalanan dari pure lurus akan bertemu persimpangan
ini pertigaan anda harus ambil jalur yang kiri

jalur yang anda harus ambil

lanjutkan perjalanan dan belok kanan nanti akan ketemu persimpangan anda memilih jalur ke kiri
ketemu persinpangan lagi

anda ambil jalan ke kiri

dan lajutkan setelah ambil ke kiri lurus ikuti jalur nanti anda akan ketemu persimpagan lagi tetapi anda juga harus ambil jalur yang kiri juga
persimpagan dan anda harus ambil jalur ke kiri

dan ikuti jalur sepanjang jalur ini tanjakan terus ngak ada turunan sama sekali tetapi sesampai di rumah penduduk dan jalan akan melewati kanan kiri hutan tetapi hutan jauh kok tenang cuma kaya ladang penduduk sekitar tetapi ruamh di sini jarang sekali dan bila malam gelap
suasana jalan menuju puncak B29

jalan menuju puncak B29

sisi kanan

sisi kiri

dengan alam yang seperti ini dan pemandagan yang bagus membuat anda akan merasa betah dan ingin datang lagi ke sini dan kesini jalan nanjak dan akan sampai di pohon besar setelah banyak tinkungan
pohon besar

jalan di pohon besar kala kabut

sebelumnya sudah saya bahas tentang alam dan pemadanganya hehehehehe jadi bisa lihat di postingan saya sebelumnya

semeru terlihat dari pohon besar
pintu gerbang masuk desaargosari

dan setelah melewati semua itu kita berhenti sebentar kalau yang mau berhenti ada warung makanan kopi teh dll atu bisa lanjutkan perjalanan anda

lewat lurus mau belok bisa tetapi saran saya mending belok

lewat belok kanan dan jalanya turun

setelah jalanan turun anda ada jembatan hati hati kadang di sini ada tanah jadi agak licin

dan jalan mulai naik dan belok mirip letter S

dan perjalanan terus berjalan sampai di puncak ada jalan lurus sama belok anda pilih belok saja
suasana habis lewati tanjakan letter S


dan perjalanan terus berlanjut sebentar lagi sedikit nanjak ngk ada belokan ikuti saja arah jalan sampai ketemu dengan
sampai ketemu ini belok ke kiri

ini kalau sudah belok hehehee

dan jalan di lajutkan untuk pergi ke pure silakanuntuk belok ke kiri
jika anda sudah berada di sini anda bisa ambil ke kiri

jalan menuju pure

atau mungkin bisa lanjutkan perjalanan ke atas tetapi tergatung kalian sendiri
kalau jalan menuju b29 kita lanjut karena jalan yang di lalui sebentar lagi adalah turun dan naik setelah itu naik dan hati hati banayak sepeda yang ngak kuat di tanjakan terahir ini mungkin terlalu tinggi

jalan makadam menuju puncak B29

jalan makadam menuju puncak B29

jalan makadam menuju puncak B29

jalan makadam menuju puncak B29
tidak terlalu panjang juga treck makadam cukup 400 - 500 meter saja setelah itu
tanah liat tetapi hati hati saat hujan turun jalanya sangat licin , sehabis lewati jalan makadam kita ada persimpangan tetapi kita memilih jalur yang kiri kalau jalur yang kanan menuju ladang penduduk suku tengger .

jalan persimpangan

jalan yang harus kita pilih

setelah ini jalanan landai tetapi dari tanah kalau habis hujan licin dan naik jalanya sedikit dan sampai di simpangan lagi kita ambil jalan naik atau belok kalau lurus sama saja kita akan kembali dan ikuti jalur
dan jika sudah sampai di rumah ini bisa nitipkan sepeda
dan perjalanan ke B29 di lajutkan dengan jalan kaki tetapi di lihat dulu , menurut saya mending jalan kaki karena jalanya juga lumayan susah bagi mereka yang pendatang , dan ikuti jalurnya kalau ada simpangan pilih yang kanan naik jangan sampai masuk ladang penduduk dan setelah jalan belok puncak B29 akan terlihat dari penitipan rumah kita jalan kurang lebih  2 -3 km saja dengan pemandangan yang bagus kitamungkin tidak akan merasa lelah , dan sampai di puncak B29
jalan menuju Puncak B29

jalan menuju puncak B29
dan akhirnya puncak B29 sampai


Puncak B29

Puncak B29

Berpose di Puncak B29


dan perjalanan menuju puncak 2900 mdpl ( B29 ) selesai
jika kalian naik membawa sampah saya harap sampah yang anda bawa di turunkan ke bawah lagi jadi B29 tetap berseri jaga B29 rawat B29 untuk anak cucu kita nanti alam bagus kita yang untung alam rusak kita yang rugi jadi rawat alam kita selamat berkunjung ke B29

KTP membawa kembali sampah sisa makanan dan minuman kalian juga salam atib berseri selalu
jalan b29 baru di paving dan di perbaiki


sekian jika ada yang mau di tanya monggo add fb saya atau kirim inbox ke saya  atau bisa juga telpon saya di no 0823-3459-2439 dan bisa invbite pin BBM saya 5A355285 maaf jika sms tidak di balas monggo invite pin BBM saya saja ,atau teman yang ingin memerlukan guide keliling lumajang saya siap untuk menemani dan beberapa tempat yang siap di kunjungi 2 hari 1 malam sudah cukup atau lebih sesuai yang di ingikan
sekian terimakasih tentang b29 hari ini 

 NB. hati hati kalau mau naik ojek usahakan harga deal terlebih dahulu itu harga PP atau Cuma berangkat aja
Photo by
             Agus Efendi Photograhpy
              Dan beberapa foot dari google








59 comments:

  1. Wowww...jadi makin rindu lumajangku

    ReplyDelete
  2. woh lengkap sak enggok-enggok-ane, mangstap bro. suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhe iya mbg ben enak supaya ngak ada yang ke sasar

      Delete
  3. Weeeeh, ajib benar. Dijamin gak tersesat. Hahaha
    Untuk akses ke B29, kendaraan apa aja yg bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa naik motor mobil tetapi kalau mobil hanya bisa di parkir di pure atau rumah penduduk mas ,
      matic bisa juga kok

      Delete
    2. kira-kira jalannya susah apa nggak ya kalau naik bebek

      Delete
  4. Waahh..keren..B29 rupa-rupanya masih kawasan pulau jawa tho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy mbg masihb kawasan jawa dan lebih tepat di lumajang

      Delete
  5. Replies
    1. selama saya ke sana aman kok bisa add fb saya kalau mau tanya terimakasih

      Delete
  6. Mantap....perlu dilestarikan n di jaga keindahannya....setuju....

    ReplyDelete
  7. wah...mantab sekali bang

    besuk sabtu insya Allah ke sana
    kami start dari surabaya

    apa saran sobat buat kami?
    cz motor kami matic semua

    terima kasih ....salam persahabatan bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sma mas terimakasih sudah datang ke B29

      Delete
  8. Mas Yoyok, dari lumajang ke B29 kira2 jaraknya berapa km dan waktu tempuhnya berapa jam ? insyaallah hari kamis mau kesana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekitran 1 - 2 jam tergatung kita sendiri bwa mobilnya

      Delete
  9. pengen kesitu? ajak-ajak kalau ada yg mau kesitu

    ReplyDelete
  10. 0823-3459-2439 saya catet ya mas, kali2 nyasar hahahaha pisssss mas bro

    ReplyDelete
  11. insya allah awal juni saya mau kesana mas, tapi masih bingung rutenya dari SBY :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. telpon saja saya mas mana tahu bisa membantu hehehehe

      Delete
  12. Insya Allah besok jum'at meluncur kang dari sidoarjo.
    Ada yang mau gabung monggo.
    Nice blog gan lanjutkan.

    ReplyDelete
  13. suwon mas share e, kate ngajak2 arek regional bromo kaskus mrunu :D
    http://www.kaskus.co.id/forum/587/bromo

    ReplyDelete
  14. Tak tanggung2 dan tak stengah2, inilah postingan yang bagus dan bermanfaat, siap berangkat segera dari Nganjuk gan !
    Matur nuwun sanget infonya !!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe sama sama mas semoga suka dengan pemandangan alam lumajang

      Delete
  15. Terimakasih mas infonya , membantu sekali

    ReplyDelete
  16. Oh iya mas , untuk wiaata pantai yang daerah situ ada nggak ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada gan, pantai watu godek, pandai bambang, pantai paseban kalau ke timur pantai watu ulo. tuh yang kuingat heheheh

      Delete
  17. B29 pagi ini, bismillah :)

    ReplyDelete
  18. Wah..br tahu klo B29 pemandangannya bagus skl...pdhal rmhku pasirian.
    Trims infonya...suatu saat pasti kan berkunjung kesana.

    ReplyDelete
  19. Saya pun baru tahu nih sewaktu pulang kampung ke tempat nenek saya di lumajang, padahal gak terlalu jauh rumahnya ke puncak B29 ... Kecamatan senduro berbatasan langsung dengan Kecamatan Pasru Jambe tempat nenek saya....

    ReplyDelete
  20. Itu lgs turun ke lautan.pasir bromo bisa ya gan.....

    ReplyDelete
  21. ada yang mau ke sana lagi gak? q ikut dunk hehe

    ReplyDelete
  22. mantap mas brooo.....
    tahun baru rencana mau camp di sana.
    ada saran2 gak?
    soalx kta pake motor. skalian touring.

    ReplyDelete
  23. cendol dab.
    kemarin ikutin blog ini lancarrrrr.
    padahal malem malem kesananya.
    terimakasih hoho.....

    ReplyDelete
  24. mantep gan, detail banget postingannya.. bookmark dulu ah biar gak nyasar.. hehe.. makasih banyak gan..

    ReplyDelete
  25. Oh iya mas bro, kalau seandainya pake motor bebek dan matic kira2 support gak sama tracknya? butuh info nih. thanks gan...

    ReplyDelete
  26. Mas saya kan sabtu besok rencana kesana, kalau berangkat malem aman gak mas?

    ReplyDelete
  27. Mas mas mbk mbk yg minat gabung ngetrip kesana bareng saya tanggaal 24 april monggo

    ReplyDelete
  28. Saya mw ksna bsok tgl 25april...yg minat gabung monggo....soalnya kekurangan personil.saya berangkat dr sby naek mtr

    ReplyDelete
  29. Keren blognya ! mau nanya kalo naik mobil sedan, titik perhentian terakhir yg bisa dilalui dimana ya mas? apakah selebihnya hanya dijangkau dgn ojek ? utk tempat menginap/hotel apakah ada di sini ?terima kasih.

    ReplyDelete
  30. blog yang menarik dan sangat membantu, terimakasih om regards!

    ReplyDelete
  31. Mas mau tanya, untuk mobil maksimal sampai mana mas? Suwun

    ReplyDelete
  32. Mas mau tanya, untuk mobil maksimal sampai mana mas? Suwun

    ReplyDelete
  33. pake motor matic ,berat gak lewati jalur mnuju B29?

    ReplyDelete
  34. Mas lok dari bromo bisa gak lgsung ke b29 dari cemoro lawang

    ReplyDelete
  35. Untuk akses mobil mentok di daerah mana untuk parkir mas?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  36. Makasih Dulur...bermanfaat sekali..tapi mobil bisa enggak ya ..kesitu

    ReplyDelete
  37. masuknya kira kira bayar gak min ?

    ReplyDelete
  38. Bangga menjadi warga lumajang....

    ReplyDelete
  39. Terima kasih bro buat review lengkapnya, pas banget jadi panduan ke tkp, hadeeh...jadi gak sabar nunggu meluncur besok. Janji gak nyampah!!

    ReplyDelete
  40. wah makasih infonya gan... sangat mmbantu... dan saya mau tanya... kalau prjalanan pakai mobil katanya hanya bisa sampai pure saja... terus selanjutnya bagaimana gan?

    ReplyDelete